4 Tips Memilih Lemari Pakaian Jati

 Mar, 31 - 2019   Furniture

Tips Memilih dan Merawat Lemari Pakaian Jati – Lemari pakaian adalah salah satu hal yang harus ada di setiap rumah agar rumah selalu terlihat rapi, anda pasti tidak ingin bukan jika rumah anda berantakan dengan pakaian dimana-mana. Nah untuk itulah lemari pakaian harus ada.

Salah satu lemari pakaian dengan kualitas paling baik adalah lemari pakaian jati, lemari pakaian jati sudah dipakai sejak nenek moyang kita, dan bahkan hingga saat ini masih banyak lemari yang awet dan utuh tanpa ada kerusakan, meski sudah dipakai puluhan tahun yang lalu.

lemari pakaian

Kali ini kami akan membahas Tips memilih dan merawat lemari pakaian Jati, agar bisa awet dan sesuai dengan selera anda.

  1. Sesuaikan Kebutuhan

Lemari pakaian seperti apa yang anda butuhkan?

Apakah lemari besar dengan banyak ruang?, atau cukup lemari kecul karena anda hanya tinggal sendirian.?

 

Dengan mengetahui kebutuhan anda sendiri, anda akan bisa memilih ukuran lemari pakaian Jati yang pas untuk anda. Sehingga anda tidak membuang uang banyak untuk membeli barang yang tidak anda butuhkan. Atau mungkin anda malah keliru membeli lemari pakaian dengan ukuran terlalu kecil, yang tidak muat dimuat pakaian semua anggota keluarga anda.

  1. Sesuaikan Keuangan

Lemari pakaian jati terkenal dengan harganya yang mahal, apalagi lemari tersebut dibeli dari mebel jepara, harganya bisa mencapai puluhan juta. Tentu saja tidak semuanya mahal, ada beberapa juga furniture jepara yang bisa dibilang tidak mahal.

Untuk itu anda harus mengetahui budget anda terlebih dahulu, jika budget cukup banyak dan anda menginginkan lemari pakaian dengan kualitas dan seni yang tinggi, anda bisa membeli lemari di mebel jepara. Anda bisa memesan lemari dengan bahan jati tua dan diukir dengan model yang anda inginkan.

Namun jika budget anda hanya sedikit, anda bisa membeli lemari pakaian jati dengan model biasa. Tanpa adanya pahatan atau ornamen rumit. Anda juga bisa membeli lemari pakaian second. Tidak ada masalah selama lemari tersebut tidak memiliki cacat ataupun kerusakan.

  1. Cek kualitas kayu

Mengecek kualitas kayu sangat penting agar lemari yang anda beli awet, apa saja yang perlu di cek dan bagaimana cara mengeceknya?

  • Umur Kayu

Usahakan untuk membeli lemari pakaian jati dengan bahan jati tua, anda bisa mengeceknya dengan melihat kerapatan serat kayunya. Kayu jati tua memiliki serat kayu yang lebih lebar. Hal ini untuk meminimalisir kerusakan dan retakan yang mungkin esok akan tejadi.

  • Sambungan papan

Selain itu anda bisa melihat sambungan papan dari kayu jati tersebut, berpakah lebar dari sambunganya. Grade kayu jati bisa dilihat dari sambungan ini. Grade kualitas C atau kualitas standard memiliki sambungan 15cm, grade B 20cm, dan grade A memiliki sambungan papan lebih dari25 cm

  1. Cek Finishing lemari pakaian jati

Untuk mendapatkan lemari pakaian jati terbaik, anda juga harus mengecek finishing dari lemari yang akan anda beli, pastikan finishingnya bagus, tidak ada cacat yang bisa mengakibatkan kerusakan pada lemari di kemudian hari.

  • Cek cacat alami kayu

Pilihlah lemari yang tidak memiliki “mata kayu”, mata kayu ini berbentuk seperti lubang kecil pada kayu yang bukan diakibatkan oleh pengerjaanya, melainkan lubang alami yang sudah ada pada kayu.

  • Cek ukiran

Jika anda memilih lemari pakaian jati dengan ukiran, anda juga harus mengecek apakah kualitas ukiran tersebut bagus. Apakah mengelupas atau tidak.

Itulah 4 Tips Memilih Lemari Pakaian Jati, semoga bermanfaat.


Related articles