Oleh-oleh Khas Pangandaran Adalah Ikan Asin Jambal Roti

 Jul, 20 - 2016   Paket Wisata Pangandaran

Oleh-oleh Khas Pangandaran Adalah Ikan Asin Jambal Roti

Mengunjungi salah satu tempat wisata tidak akan lengkap ketika anda tidak membeli oleh-oleh khas yang dijajakan di sekitar tempat wisata tersebut. Keberadaan oleh-oleh khas semacam itu akan menjadikan ciri khas tersendiri dari tempat wisata yang bersangkutan. Seperti halnya dengan destinasi wisata di daerah Pangandaran yang memiliki hasil laut yang telah dinobatkan sebagai oleh-oleh khas Pangandaran yang disebut ikan asin jambal roti yang banyak diburu oleh wistawan yang berkunjung ke Pantai Pangandaran.

Ikan asin jambal roti ini memang menjadi primadona bagi kalangan masyarakat Pangandaran serta wisatawan sebab ikan ini dapat diolah menjadi berbagai jenis aneka masakan yang lezat.

Seluk Beluk Ikan Jambal

Pada dasarnya, ikan asin jambal roti ini merupakan olahan dari ikan manyung atau bahasa latinnya Arius Thalassinus yang merupakan jenis ikan yang memiliki dua habitat yang berbeda yaitu air tawar dan air laut. Jenis ikan yang banyak ditemukan di sisi pantai Pangandaran ini kemudian difermentasikan dengan dicampur garam, sehingga disebut ikan jambal.

Istilah dari ikan asin jambal roti ini pada dasarnya berasal dari ikan manyung yang telah difermentasikan dan akan hancur ketika digoreng layaknya roti. Namun, jangan diragukan lagi, meskipun kondisi dari ikan tersebut hancur, kandungan dari protein yang terkandung di dalamnya sangatlah tinggi, jadi ikan jambal ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian anda. Ketenaran dari ikan jambal asin ini, membuat produk laut Pangandaran ini dikirim ke berbagai daerah Indonesia seperti Bali, Jawa dan Nusa Tenggara.

Proses Pembuatan Ikan Jambal Asin

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ikan asin jambal roti ini dibuat dengan melalui proses fermentasi yang berupa penggaraman di mana proses penggaraman ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu penggaraman yang bisa dilakukan adalah dengan panggaraman kering di mana ikan manyung ini akan dilumuri dengan garam saja.

Sedangkan untuk penggaraman basah bisa dilakukan dengan merendam ikan manyung di dalam larutan garam dalam waktu yang telah ditentukan. Ada juga penggaraman kombinasi yang merupakan teknik gabungan dari penggaraman kering dan basah. Proses penggaraman ini, pada dasarnya berlangsung selama 2-3 hari.

Setelah selang 3 hari, maka ikan manyung tersebut akan diangkat dan dikeringkan di bawah terik matahari. Pengeringan ini ditujukan untuk mengurangi kadar air yang terdapat di dalamnya. Dengan cara semacam ini, maka ikan manyung tersebut akan bisa bertahan dalam waktu lama.

Olahan Ikan Jambal

Bagi anda yang membeli ikan asin jambal roti khas Pangandaran ini, maka anda bisa mengolahnya menjadi berbagai sajian lezat. Beberapa orang biasanya mengolah ikan jambal ini dalam bentuk tumis, bumbu rujak,sebagai campuran nasi goreng dan masih banyak varian masakan dengan bahan dasar ikan jambal yang bisa anda coba. Dengan menyajikan berbagai sajian ikan jambal ini, nafsu makan keluarga anda pasti akan bertambah dan pastinya kebutuhan protein harian anda terpenuhi.

Ikan asin jambal roti merupakan oleh-oleh khas yang bisa anda dapatkan ketika anda mengunjungi tempat wisata pantai Pangandaran. Ikan jambal yang dikenal sebagai sumber protein ini, merupakan hasil fermentasi yang dilakukan dengan bantuan garam. Selain itu, jenis ikan ini bisa anda olah sesuai dengan selera sebagai sajian untuk keluarga anda.

Mereka Juga Baca Ini:

  • makalah ikan asin jambal dipangandaran

Related articles