Tips Memelihara Ikan Hias di Akuarium Ukuran Kecil

 Mar, 28 - 2019   Hobi

Tips Memelihara Ikan Hias di Akuarium Ukuran KecilMemelihara ikan hias memang suatu kegiatan yang menyenangkan, apalagi jika anda memang memiliki hobbi tersebut. Ikan hias merupakan jenis ikan yang memiliki corak dan bentuk yang unik dan enak dipandang serta dapat dipelihara di kolam maupun akuarium. Namun akan lebih menarik jika anda memeliharanya di akuarium dalam rumah, di ruang tamu, ataupun kamar. Suara air dari akuarium ikan hias membuat suasana menjadi lebih nyaman. Namun, sering kali ikan hias yang dipelihara pada aquarium mati, hal tersebut tentu saja dapat membuat anda kapok untuk memeliharanya kembali. Jika ikan pada aquarium anda mati, maka akan menimbulkan bau yang tak sedap. Untuk menghindari hal tersebut terdapat beberapa cara yang perlu anda perhatikan dan lakukan. Berikut adalah tips untuk memelihara ikan hias di akuarium ukuran kecil yang baik dan benar:

  1. Kenali Jenis Ikan

Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika ingin memelihara ikan hias di akuarium yang berukuran kecil adalah jenis ikan. Penempatan pada ikan yang ingin anda pelihara sangat penting untuk diperhatikan. Misalnya, jenis ikan yang agresif sebaiknya jangan di pelihara dalam satu akuarium dengan ikan yang cenderung diam dan juga anda tidak bisa memelihara ikan yang bersifat teritorial secara bersamaan dengan ikan lain. Karena jika itu dilakukan maka ikan anda akan saling menyerang dan dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh ikan bahkan kematian. Oleh karena itu kenali jenis ikan terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk memeliharanya.

  1. Ukuran Akuarium

Hal selanjutnya adalah anda harus memperhatikan ukuran akuarium yang akan anda gunakan untuk tempat pemeliharaan. Sebaiknya sesuaikan juga dengan ukuran ikan yang anda pelihara. Jangan sampai ikan yang anda pelihara merasa kekurangan ruang untuk bergerak dan beraktifitas. Kepadatan pemeliharaan juga harus anda perhatikan, karena jika anda terlalu banyak memasukan ikan pada akuarium yang berukuran kecil, maka cenderung ikan yang anda pelihara tersebut mudah mati.

  1. Jenis Pakan Ikan

Jenis makanan ikan juga berperan penting dalam pemeliharaan ikan hiar pada akuarium. Biasanya banyak orang menggunakan jenis makanan pelet atau makanan pabrikan, karena lebih praktis dan mudah. Namun anda juga harus memberi selingan dengan menggunakan makanan alami, seperti cacing sutera, kutu air ataupun jentik nyamuk.

  1. Perawatan Ikan

Hal terakhir yang harus anda perhatikan adalah cara perawatan ikan yang anda pelihara. Karena anda memelihara pada akuarium berukuran kecil, maka ada baiknya anda lebih sering untuk mengganti air dan membersihkan filter. Karena pada akuarium kecil, kotoran ikan dan juga sisa makanan ikan dapat mencemari air sebagai media hidupnya. Jadi jika anda tidak sering dalam mengganti air dan membersihkan filter maka ikan yang anda pelihara dapat mudah terserang penyakit.

Nah, itulah beberapa tips penting dalam memelihara ikan hias pada akuarium mini yang dapat anda terapkan agar ikan yang anda pelihara sehat dan indah.